Minggu, 28 Februari 2016

 















Disusun oleh:
Wahyu nury larasati (XI/RPL)

                                    Jl.tentara pelajar no. 44 trimulyo 1 kepek wonosari gunungkidul
Kode pos: 5581


Laporan kunjungan industri ini telah diajukan kepada SMK MA’ARIF WONOSARI Gunungkidul sebagai salah satu syarat mengikuti ulangan umum semester genap tahun pelajaran 2015/2016.
Laporan ini disyahkan pada:
Hari                             :
Tanggal                       :
Tempat                        :SMK MA’ARIF WONOSARI, Gunungkidul




Wali kelas






(……………………………………………………)

Pembimbing






(……………………………………………………..)

Kepala SMK MA’ARIF WONOSARI



 Nip.






            Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga saya dapat melaksanakan kunjungan industri (KI) dari awal hingga akhir. Laporan ini saya selesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak, maka dari itu saya ucapkan banyak terimakasih kepada:
1.      Bapak Kepala SMK MA’ARIF WONOSARI yang telah memberikan kesempatan kepada saya melaksanakan program kunjungan industri
2.      Pimpinan pt. jamu sido muncul yang telah memerikan izin kepada kami untuk melaksanakan dan menyelesaikan kunjungan industri di perusahaan tersebut.
3.      Bapak dan ibu guru smk ma’arif wonosari selaku panitia penyelenggara.
4.       Bapak dan ibu wali kelas.
5.      Kedua orangbtua kami yang telah memberikan do’a rstu sehingga kami dapat menyelesaikan kunjungan industri dan menyelesaikan laporan ini.
saya menyadari bahwa laporan ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu berbagai masukan dan kritikan yang bersifat membangun sangat saya harapkan demi kesempurnaan penyusunan laporan ini masa mendatang. Selanjutnya , saya selaku penulis mohon maaf atas segala kekurangan dan kekilafan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagibsaya sendiri.





Wahyu nury  larasati
HALAMAN JUDULi
HALAMAN PENGESAHANii
KATA PENGANTARiii
DAFTAR ISIiv
BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang1
B.      Tujuan Kunjungan1
C.      Tujuan Laporan1
D.      Manfaat Kunjungan1
E.       Lokasi Kunjungan1
BAB II PEMBAHASAN
A.      Sejarah2
B.      Struktur Organisasi3
C.      Kualifikasi Personalia3
D.      Sumber Bahan Produksi3
E.       Denah Unit Produksi4
F.       Jeniss Limbah4
BAB III PROSES PRODUKSI
A.      Penelitian5
B.      Penyimpanan5
C.      Pengolahan6
D.      Pemasaran6
PENUTUP                                                                                                                                                                                           
A.      Kesimpulan7
B.      Kesan Dan Pesan7
DAFTAR PUSAKA
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang kerja. Siswa dituntut
aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan produk. Kunjungan industri ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang industri.

Tujuan diadakannya kunjungan industri di PT. SIDO MUNCUL, antara lain yaitu:
1.      Membekali siswa agar memahami proses produksi dari bahan baku menjadi produk yang siap dipasarkan.
2.      Mengetahui karakteristik bahan baku pembuatan jamu.
3.      Mempelajari proses pembuatan jamu serta pengendalian mutu produk di PT.SIDO MUNCUL.
4.      Mendorong siswa agar mempunyai rasa kepedulian dan tanggung jawab.
Tujuan laporan pembuatan laporan kunjungan industri,  antara lain:
1.      Sebagai bukti tertulis telah melakukan kunjungan industri.
2.      Sebagai pertanggungjawaban atas tugas yang telah diberikan.
Manfaat yang diperoleh dari kunjungan industri di PT. SIDO MUNCUL, antara lain:
1.      Dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai proses pengolahan jamu.
2.       Dapat membandingkan antara hasil pengamatan dengan teori yang didapat di sekolah.
Jalan Soekarno Hatta km 28,  Bergas Ungaran-Semarang 50552
telp(6224) 580559. Fax (6224) 58033



PEMBAHASAN
Diimulai pada tahun 1940 PT. SIDO MUCUL berdiri di Yogyakata, yang dikelola oleh Ny. Rakhmat
Sullistio. Pada saat itu sido muncul hanyalah sebuah bisnis rumahan yang dikelola secara sederhana, tetapi berkat kegigihan mengembangkan usaha sukses ,aka sido muncul berubah dari tahun ketahun menjadi perusahaan jamu berskala besar. Keluarga Ny. Rakhmat Sulistio pada tahun 1952 berpindah dari Yogyakarta ke Semarang.
Setelah itu mereka mendirikan pabrik jamu sederhana di kota Semarang dan ternyata produk jamu yang dihasilkan mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, karena semakin besarnya jangkauan pemasarn jamu, maka modeernisasi pabrik juga merupakan suatu hal yang mendesak. Pada tahun 1984, PT. SIDO MUNCUL memulai melakukan modemmisasi pabrik dan pada tanggal 11 november 2000, pt.sido mucul meresmikan pabrik baru di ungaran yang lebih luas dan modern. Selain itu PT. SIDO MUCUL memperoleh penghargaan dari menteri kesehaan senagai cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) dan cara pembuatan obat obat yang baik (CPOB) selera dengan farmasi, dan sertifikasi inilah yang menjadikan PT. SIDO MUNCUL sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Pada tanggal 10 februari 2010 acara peletkan batu pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m3.
Nama sido muncul diambil dari bahasa jawa yang berarti impian yang terwujud yaitu terwujudnya cita-cita untuk melestarikan resep-resep yang dimiliki dengan mendirikan perusahaan pembuatan jamu.
Mengenai logo yang menjadi simbol pt sido muncul berupa gambar seorang ibu dengan satu orang anak adalah gambar dari Ny. Rkhmat Sulistio dan bapak Irwan Hidayat Sulistio merupakan pendiri jamu sido muncul, sedangkan Irwan Hidayat adalah cucu dari Ny. Rakhmat Sulistio yang pada saat itu baru berusia 4 tahun. Bapak Irwan Hidayat sejak tahun 1972 menjabat sebagai presiden Direktur PT. SIDO MUNCUL.


            Struktur organisasi di PT. SIDO MUNCUL menganut system organisasi garis. Adapun diagram struktur organisasi PT. SIDO MUNCUL telah telah terlampir di halaman lampiran.
Pada umumnya sumber tenaga kerja dapat digolongngkan menjadi beberapa bagian yaitu:
1.      Sumber dari dalam perusahaan, bila ada lowongan di perusahaan itu pegawai yang telah ada dipilih dan diangkat untuk mengisinya.
2.      Sumber dari luar perusahaan .
Di PT. SIDO MUNCUL tenaga kerja diperoleh umumnya berasal dari luar persahaan , sebab perusahaan secara langsung membuka lowongan pekerjaan. Jika memang terdapat lowongan pekerjaan. Jika memang terdapat lowongan pekerjaan, maka pelamar dapat mengirim surat lamaran ke kepala bagian personalia. Kemudian kepala bagian personalia juga akan memperhitungkan tenaga kerja tersebut mempunyai kriteria yang  dibutuhkan perusahaan atau tidak. Khusus untuk karyawan staf atau kepala bagian, kriteria juga berdasarkan pada hasil tertulis maupun wawancara sedangkan untuk tenaga produksi, pada umumnya karyawan yang diterima melalui perantara dari karyawan yang sudah bekerja maupun mitra bisnis perusahaan tanpa melalui iklan lowongan kerja.
Tenaga kerja yang diterima sebagai pegawai akan ditempatkan sesuai dengan jenis bagian yang dipilih saat melamar, jika tidak maka penempatan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Tenaga kerja dapat diterima sebagai pegawai tetap seelah bekerja selama dua tahun, dan tenaganya masih dibutuhkan oleh perusahaan, sedangkan tenaga kontrak, mereka wajib memperbarui kontrak tersebut selama dua tahun sekali.
            Pada saat ini PT. SIDO MUNCUL menggunakan kurang lebih 150 jenis bahan, bahan tersebut meliputi rimpang, akar, daun, bunga, dan juga biji. Kesemua bahan baku tersebut diperoleh dengan cara menanam dan mengembangkan tanaman yang berkhasiat sebagai bahan obat. PT. SIDO MUNCUL menanamnya sendiri diperkebunan dan kerjasama dengan para petani dalam bentuk kemitraan. Selain itu, PT. SIDO MUNCUL memperoleh bahan baku dengan cara mengimpor jamu yang tidak diperoleh di Indonesia. Disamping itu, sebagian besar bahan baku daerah jawa tengah. Hal ini disebabkan karena kualitas produk bahna baku dari daerah tersebut sangat baik dan sesuai dengan standar kuualitas mutu di PT. SIDO MUNCUL.


Secara umum, roses produksi yang dilakukan di PT. SIDO MUNCUL melalui beberapa tahap mengikuti prinsip FIFO (first in first out). Setiap langkah produksi yang dilakukan mengikuti CPOB. Denah produksi terdapat pada bagian lampiran.
F. Jenis Limbah
secara umum limbah yang berasal dari pt. sido muncul dibagi menjadi limbah padat dan limbah cair. Limbah padat anorganik yang berasal dari sisa produksi jamu ini biasanya akan dibakar dengan mesin insenerator. Hal ini dikarenakan kantong pembungkus produk tersebut dilapisi oleh lapisan alumunium, sehingga untuk menghancurkannya diperlukan temperature tinggi. Pada saat ini, temperature yang digunakan adalah 1200 c. PT. SIDO MUNCUL saat ini memiliki instalasi insenarator yang memakai cerobong asap siklon akan pembilasan asap dengan air sehingga proses pembakaran yang terjadi tidak menimbulkan asap dan bau. Pada umumnya, limbah organik ini oleh PT. SIDO MUNCUL dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organic. Limbah ini dikelola dengan dengan cara compositing. Limbah-limbah ditampung dalam suatu lahan dan didiamkan selama kurang lebih dua minggu. Proses penguraian atau pengomposan dibantu dengan penguraian atau pengomposan dibantu dengan mikroorganisme yang dikembangkan sendiri yaitu cacing Australia atau dengan penambahan EM 4 (effective microorganism) sebagai activator untuk mempercepat proses tersebut. Setelah 3-4 minggu, limbah bias langsung digunakan sebagai pupuk tanaman obat disekitar pabrik dimana dalam penggunaannya ditambah dengan jenis pupuk lain seperti pupuk urea.
Pencucuian mesin-mesin dan peralatan pabrik, sisa-sisa pembersihan bahan baku. Biasanya limbah ini oleh pt. sido muncul akan dinetralisir kembali sehingga dapat digunakan untuk proses produksi kembali, tapi tidak untuk dikonsumsi. Limbah ini dialirkan ke instalasi pengolahan air limbah (IPAL) untuk diendapkan sisa-sisa lumpur atau tanahnya. Air yang sudah memenuhi syarat dialirkan langsungbke sungai dan juga dipakai untuk air perkebunan yang ada di pabrik. Pengolahan limbah tersebut, baik padat maupun cair ditangani secara langsung oleh divisi lingkungan dan proses.


                                                                         BAB III
B. Penyimpanan                                    
Dalam proses yang dilakukan diatas sebagian besar masih menggunakan jasa sumberdaya manusia kerena dalam proses penyortiran akan lebih dapat dijamin kualitasnya jika dilakukan dilakukan langsung oleh sumberdaya manusia. Namun dalam proses pemotongannya dan pengeringan juga menggunakan alat-alat yang masih tradisional. Selain menjaga kualitas digunakannya sumber daya manusia juga bertujuan untuk mendayagunakan warga sekitar agar kualitas hidupnya lebih terjamin dengan adanya lapangan pekerjaan.



A.     Kesimpulan
Kesimpulan dari laporan kunjungan industri di PT. SIDO MUNCUL ini antara lain yaitu:
1.      Sido muncul hanyalah sebuah bisnis rumahan yang dikelola secara sederhana, tetapi berkat kegigihan mengembangan usaha sukses maka sido muncul berubah dari tahun ketahun menjadi perusahaan jamu skala besar.
2.      Di PT.SIDO MUNCUL tenaga kerja diperoleh umumnya berasal dari luar perusahaan.
3.      PT. SIDO MUNCUL menganut sistem organisasi garis.
4.      Pada saat ini PT. SIDO MUNCUL menggunakan kurang lebuh 150 jenis bahan meliputi rimpang, akar, daun, bunga, buah, dan juga biji.
5.      Secara umum limbah yang berasal dari PT. SIDO MUNCUL dibagi menjadi limbah padat dan limbah cair.
B.      Kesan dan Saran
Untuk menjadi bahan referensi dalam kunjungan industri berikutnya, kami mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa bermanfaat.
1.      Kesan:
a.      Sambutan dari pihak perusahaan sangat ramah dan baik.
b.      Kunjungan industri ini sangat bermanfaat, karena kita bias melihat langsung karyawan-karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut.
2.      Pesan:
a.      Sebaiknya pimpinan lebih jelas dalam menerangkan atau menjelaskannya.
b.      Sebaikknya siswa dapat dijelaskan seluruh proses produksi sampai tahap pengolahan limbah.













1 komentar: